Eksim Pada Bayi

Kulit bayi butuh perawatan agar terhindar dari gangguan kulit karena kulit bayi pada umumnya sangat sensitif. Kulit bayi yang lapisannya masih tipis dan ikatan antar selnya masih lemah, lebih mudah terkena infeksi dan iritasi. Gangguan kulit yang sering diderita bayi adalah eksim.

Dermatitis atopik (DA) atau eksim cirinya berwarna merah, bersisik, kering dan gatal. Umumnya yang terkena adalah bagian-bagian lipatan kulit seperti lakukan tangan atau belakang lutut. Namun, bisa juga timbul di muka sekitar mulut dan pipi. Gangguan ini hilang timbul, dan bisa diperparah cuaca dingin atau kering. Banyak anggapan bahwa kondisi ini disebabkan oleh air susu ibu yang terkena kulit sensitif bayi sehingga menimbulkan iritasi namun anggapan ini tidak benar. Pada bayi yang mendapat ASI, iritasi tersebut bisa timbul karena bayi alergi terhadap makanan yang dikonsumsi ibunya.

Penyebab dermatitis atopik belum diketahui secara jelas. Namun gangguan ini cenderung menurun, sehingga diperkirakan berkaitan dengan alergi. Pada kebanyakan anak, makin besar makin berkurang atau jarang keluhan ini. Tapi bagi sebagian orang akan akan tetap terbawa sampai dewasa.

Penanganan eksim pada bayi adalah :

  • Gunakan sabun formula lembut yang berbasis lemak (krim) yang mempunyai efek anti gatal. anti bakterial sekaligus antoksidan dan aplikasikan pelembab secukupnya pada area kulit bayi.
  • Rajin membersihkan debu dan tungau.

>>> "Super Green Plus G2" Untuk Mengobati Eksim Basah dan Eksim Kering & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail Dini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Eksim and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *