Eksim

Eksim atau dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi di mana saja, namun kulit yang paling sering terkena eksim adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak-anak, terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun.

Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang seiring bertambahnya usia. Namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan.

Eksim adalah masalah kulit yang kering, ditandai dengan kulit dan gatal. Untuk menghindari eksim, kulit harus selalu dibersihkan dan gunakan pelembab. Hindari penggunaan bahan kimia yang akan mengganggu kulit. Jangan memakai pakaian yang akan mengganggu kondisi kulit. Jika Anda terkena eksim, gunakan obat krim.

Dimana pun lokasi timbulnya eksim, gejala utama yang dirasakan adalah gatal. Terkadang, rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain.

Eksim

Daerah yang terkena eksim akan terasa sangat kering, menebal, atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu, pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan memengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Penyebab timbulnya eksim sebenarnya belum diketahui secara pasi. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa eksim berhubungan dengan aktivitas daya tahan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.

Penyebab eksim pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang setelah memegang sabun atau deterjen akan merasakan gatal yang luar biasa, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan, tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Infeksi saluran napas bagian atas atau flu juga bisa menjadi penyebab timbulnya eksim. Stres yang dialami penderita akan membuat gejala menjadi lebih buruk.

Meskipun penyembuhan eksim sulit dilakukan, namun pada kebanyakan kasus, pasien dapat mengurangi terjadinya kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat dan menghindari iritan/alergen yang menyebabkan eksim. Penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.


=====================================

>>> "Super Green Plus G2" Untuk Mengobati Eksim Basah dan Eksim Kering & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Eksim and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>