Penyakit Kulit Eksim

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah penyakit kulit eksim. Penyakit kulit eksim merupakan penyakit kulit yang termasuk alergi turunan. Penyakit ini sering menjangkit didaerah tropis dan lembab. Makanan dan lingkungan yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit eksim. Kulit yang terkena eksim akan terasa sangat gatal dan bisa menjadi luka. Minyak kelapa bisa digunakan untuk mengobati eksim dengan cara mengoleskan pada bagian yang sakit secara teratur. Rasa gatal akan menghilang dan luka bekas garukan akan mengering. Eksim timbul karena kulit alergi terhadap zat-zat tertentu, seperti kosmetik, perhiasan. Iritasi, deterjen, sabun, atau bahan-bahan yang mengandung zat kimia lainnya. Alergi terhadap suatu makanan tertentu misalnya ikan laut, susu, dan minuman beralkohol juga dapat mengakibatkan penyakit eksim. Begitu juga dengan rangsangan suhu yang ekstrem dan stress.

Gejala dan tanda-tanda penyakit kulit eksim adalah :

  1. Terasa gatal dan panas pada kulit yang terkena , yang terkena, terutama malam hari.
  2. Pada eksim basah, kulit tampak melepuh merah, bengkak, basah, dan timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah.
  3. Pada eksim kering, tampak kulit bersisik keras, mengeropeng, dan kemerah-merahan.

Perawatan pada penyakit kulit eksim adalah :

  1. Jangan menggaruk eksim karena dapat mengakibatkan infeksi.
  2. Hindari bahan-bahan, makanan atau hal-hal yang dapat menyebabkan alergi.
  3. Hindari penggunaan sabun pada daerah yang terkena eksim dan usahakan tidak sering terkena air. Jika mandi gunakan air hangat-hangat kuku.
  4. Pakai pakaian yang bersih, menyerap keringat dan tidak ketat.

Penyakit kulit eksim juga bisa disebabkan oleh apa yang masuk melalui indra penciuman, misalnya asap rokok, bubuk sabun cuci, rambut halus binatang, atau debu pada tempat duduk yang terbuat dari rajutan wol atau jerami.  Ada sejumlah makanan yang bisa menyebabkan penyakit kulit eksim seperti susu, keju, yoghurt, mentega, seafood, tomat, kacang gadung, ragi, garam, gula buatan, dan zat pewarna. Namun, sebagian orang juga memiliki alergi terhadap jenis makanan ini.

Para penderita eksim biasanya kekurangan essential fatty acids, yang menyebabkan menurunnya sitesis zat antiradang yang bernama prostaglandin. Oleh karena itu, tingkatan konsumsi makanan alami yang mengandung asam lemak yang baik. Namun, jika anda alergi terhadap makanan-makanan tersebut, konsumsilah dalam bentuk suplemen. Mengobati eksim dengan ramuan alami untuk mengobati eksim terdiri atas umbi temu lawak sebesar telur, segengam asam jawa, 2 gelas air bersih, dan gula merah secukupnya. Semua bahan direbus dalam satu wadah sampai terisi setengah gelas. Minum ramuan ini hangat-hangat kuku, dua kali seminggu hingga eksim mengering.

Atau dapat dilakukan juga dengan ramuan alami dibawah ini :

Bahan : daun lidah buaya secukupnya, kupas, haluskan bagian di dalamnya, bubuk, sambiloto secukupnya.

Pemakaian : campurkan daun lidah buaya, bubuk sambiloto, aduk rata hingga menjadi adonan yang agak kental. Oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim.


>>> "Super Green Plus G2" Untuk Mengobati Eksim Basah dan Eksim Kering & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail Dini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Eksim and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *